Selasa, 10 April 2012

Fenomena Busway

Sekarang ini jalur trans jakarta diperluas area operasinya hingga merambah daerah jatinegara, yah mungkin ini dilakukan oleh vendor busway agar trans jakarta dapat lebih dirasakan manfaatnya mengingat banyak yang mengeluh bahwa busway kurang efektif karena tidak minimnya jalur yang dilewati.

Ini adalah fenomena busway yang terjadi di masyarakat, teorinya busway adalah kendaraan alternatif agar masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang lebih nyaman seperti trans Jakarta, sehingga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di kota jakarta, namun faktanya apa yang terjadi?



1.Kemacetan Makin Parah
Ini sudah jelas dunk, karena berkurangnya lajur dari tiap jalur yang dilalui busway maka jalanan semakin sempit, sedangkan volume kendaraan tiap harinya semakin bertambah. Vendor Busway seharusnya memikirkan perluasan jalan, sebelum membangun jalur busway. Analoginya sederhana saja jika lebar jalan awal adalah 6 meter lalu lajur yang terpakai oleh busway adalah 2 meter (asumsi saja), maka seharusnya lebar jalan sekarang 6 + 2 = 8 meter.


2. Kendaraan Pribadi Semakin Banyak
Apa benar akan banyak yang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum seperti busway? justru yang terjadi malah sebaliknya, tiap hari malahan semakin banyak kendaraan pribadi yang wara wiri kota jakarta. Berdasarkan pengalaman naik busway yang saya rasakan, naik busway itu tidak cocok bagi orang yang membutuhkan ketepatan waktu, ya iyalah secara armada buswaynya kurang memadai dibandingin yang naik busway, nunggu di shelter itu bisa setengah jam lho kalo penuh, belum lagi ancaman copet, pembatasan jumlah penumpang kurang tepat, seharusnya bis yang nyaman itu tidak ada penumpangnya yang berdiri, rasanya sama aja seperti naik bis umum, bedanya hanya sedikit lebih adem aj. Jujur saya lebih nyaman naik motor lah, hehe....

3. Korban Tewas akibat Busway meningkat
Jumlah korban tewas akibat busway tahun 2010 sebanyak 13 orang, sedangkan 2011 sebanyak 16 orang. (sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/10/272081/37/5/Korban-Tewas-Kecelakaan-Busway-Meningkat).


Faktanya busway tidak efektif dalam mengatasi kemacetan di jakarta, Lalu bagaimana solusinya mengatasi kemacetan di jakarta?
Apakah dengan monorel? atau pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi? pembatasan urban? pemerataan ekonomi? pindah ibukota?. Ini menjadi Pe-eR buat pemerintah kota Jakarta :)












1 komentar: